Tuesday 4 June 2019

Sunblock VS Sunscreen. Apa Bedanya?

Gambar terkait

Ditulis pada bulan Februari 2019.

Annyeong!

Setelah sekian lamaa... Aku kembali. Dan mau bikin postingan yang berguna gitu yea~

Karena liburan sekolah udah selesai dari sebulan yang lalu, itu artinya ya sekarang lagi aktif-aktifnya melakukan kegiatan seperti sekolah-ekstrakurikuler-les dan macam-macam lainnya. Nggak jarang juga beberapa aktifitas yang kita laksanakan itu dilakukan di bawah terik sinar matahari. Apalagi kalau aktifitas yang dilakukan di bawah sinar matahari itu lama banget! Jadi gosong deh kulit ;"D

Nah kalian pasti tahu nih salah satu cara biar kulit kita nggak gosong kena sinar matahari terus-terusan itu dengan pakai lotion! Tapi, pasti kalian masih bingung nih apa bedanya sunblock sama sunscreen. Dan penggunaannya gimana sih?

   SUNSCREEN   

Sunscreen adalah lotion pelindung dari sinar matahari yang meyerap ke dalam lapisan teratas kulit untuk menyerap sinar matahari yang sudah sempat masuk ke dalam kulit. Biasanya, sunscreen dapat melindungi kulit dari sinar UVB saja. Sinar UVB ini dapat menyebabkan kulit terbakar dan perih. Namun, saat ini sudah banyak sunscreen memilki kandungan yang dapat melindungi kulit dari sinar UVA, yang dapat menyebabkan keriput, penuaan dini, dan flek hitam pada wajah. Bahkan jika terlalu banyak terkena paparan sinar UVA tanpa perlindungan dapat menyebabkan kanker kulit.



Sunscreen sendiri mengandung beberapa bahan kimia aktif yang berfungsi sebagai filter untuk mengurangi penyerapan radiasi sinar UV ke kulit, kandungan tersebut antara lain: Octylcrylene, Avobenzone (filter UVA yang paling tidak stabil dan terurai di bawah matahari), Octinoxate, Octisalate, Oxybenzone, Homosalate, Helioplex, 4-MBC, Mexoryl SX dan XL, Tinosorb S dan M, Uvinul T 150, dan Uvinul A Plus.

Nah, Sunscreen ini lebih ringan daripada sunblock gais, jadi sunscreen lebih cocok digunakan saat kalian pergi sekolah atau kegiatan di luar ruangan lainnya yang tidak terlalu lama.


   SUNBLOCK  

Sunblock sebenarnya sejenis dengan sunscreen. Akan tetapi, saat memakai sunblock radiasi matahari akan dipantulkan, sehingga tidak akan mengenai kulit.

Sunblock terdiri dari komposisi mineral aktif seperti seng oksida atau titanium dioksida. Kedua jenis mineral ini terbukti ampuh untuk menangkal pengaruh negatif sinar UV A dan UV B yang diakibatkan oleh paparan sinar matahari.

Sunblock memiliki kandungan alami yang tersusun dari mineral aktif yang akan bekerja pada permukaan kulit dan fungsi untuk “membelokkan” paparan sinar matahari agar tidak langsung mengenai kulit.

Kalau sunblock, lebih cocok digunakan saat berenang atau aktifitas di luar ruangan lainnya yang lebih lama.


Jadi, penggunaan sunscreen dan sunblock ini disesuaikan dengan aktifitas kalian, gengs! Semoga besok-besok nggak salah pakai lagi yaa~

Btw, buat kalian yang mau aku kasih rekomendasi sunscreen atau sunblock favorite aku, bisa komen di bawah ya! Nanti kalau banyak yang minat pasti aku buat postingannya!

So, terima kasih sudah membaca! Semoga bermanfaat. Kalau ada yang mau kasih ide postingan atau request silahkan aja komen atau chatbox ya~ See u in the next post, muahhh :*

No comments:

Post a Comment