Thursday 21 December 2017

Waktu itu hari sudah larut. Aku masih ingat, saat itu tanggal 19 Desember pukul 23.37 ketika aku mendengar kabar buruk tentang dirimu. Kabar buruk tentang dirimu yang menggemparkan jagat kpop. Kabar buruk tentangmu yang menggegerkan tak hanya warga Korea Selatan. Kabar buruk tentangmu yang mengejutkan penggemarmu di seluruh dunia.
Sampai saat ini pun aku masih tidak percaya. Sampai saat ini pun aku masih bingung. Sampai saat ini pun aku masih ragu. Setelah sekian banyak berita hoax tentang kpop yang beredar, aku bertanya-tanya apakah berita buruk tentangmu juga merupakan salah satu berita hoax yang di buat oleh pihak tidak bertanggung jawab.

Sayangnya, berita buruk tentangmu bukan hoax.
Hasil gambar untuk Jonghyun Shinee
Jujur, saat itu aku tidak menangis. Benar, aku saat itu tidak menangis. Sebenarnya, aku bingung harus seperti apa. Kabar buruk tentangmu, Jonghyun-ah, benar-benar terasa tidak nyata untukku. Terasa tidak masuk akal. Terasa tidak benar-benar terjadi. Lantas, apa yang harus aku lakukan saat itu? Aku benar-benar bingung. Aku hanya terus menggeser layar ponselku dengan dahi berkerut saat itu. Berusaha menggali informasi lebih dalam. Mencari celah di antara berita-berita itu untuk membuktikan bahwa berita buruk tentangmu itu tidak lebih dari sekedar hoax.

Sayangnya, berita buruk tentangmu bukan hoax.

21 Desember 2017. Hari ini adalah hari pemakamanmu. Aku menulis surat ini saat hari pemakamanmu. Sebenarnya, berat untukku melakukan ini. Aku benar-benar tidak rela dan masih saja tidak percaya. Tapi, aku benar-benar harus melakukan ini sebagai penghormatan terakhirku untukmu sebelum akhirnya benar-benar sangat terlambat. Aku menguatkan hatiku untuk menulis ini dan semua yang kutulis di sini adalah benar-benar dari hatiku yang paling dalam.

Ahh, Jonghyun-ah. Kau pasti berpikir bahwa dunia ini sungguh sangat berat di jalani, bahkan setelah kau mencapai tujuanmu, mencapai impianmu, mencapai cita-citamu. Hhh, bukankah semua orang juga berpikir seperti itu?
Gambar terkait
Aku tidak pernah merasakan menjadi seorang idol sepertimu, atau anggap saja tidak akan pernah. Tapi aku tahu bagaimana sulitnya itu. Walaupun itu memang tujuan hidup dan impianmu, tapi aku tahu bagaimana melelahkan dan kewalahannya kau menjalaninya. Kau memang tidak sendirian menjalaninya. Kau punya banyak teman dan sahabat yang sangat peduli dan baik padamu. Kau punya member-member SHINee yang selalu berada di sisimu 10 tahun terakhir. Kau punya banyak penggemar di seluruh dunia yang selalu memperhatikanmu. Tapi, bukankah berat membalas cinta mereka semua setelah kau mendapatkan cinta yang begitu berlimpah, sehingga kau merasa tak sanggup untuk membalasnya. Mungkin kau berpikir seperti itu.
Aku tahu kamu sangat berterima kasih dan sangat mensyukuri atas cinta yang selalu di berikan padamu. Kamu selalu berusaha keras sepanjang tahun, sepanjang bulan, sepanjang minggu, sepanjang hari untuk membalas cinta yang sudah kamu dapat. Tapi aku tahu, pasti ada kalanya ketika kamu merasa lelah dan sudah tidak lagi sanggup. Ketika kamu bekerja keras membalas setiap cinta yang kamu dapat, di luar sana banyak sekali orang yang mulai berbicara tentang betapa kurangnya bakatmu dan sudah bertambah tua usiamu.

Jonghyun-ah, kamu sudah bekerja keras.

Kamu salah satu musisi Korea Selatan yang sangat berbakat dan di hormati. Kenapa kamu masih tidak percaya? Berbalik badanlah, tengoklah, lihatlah semua karya-karya yang kamu buat, yang menjadi jejak perjalananmu sejauh ini. Yang menjadikannya sebuah bukti. Bukti betapa kerasnya kamu berusaha membalas cinta yang sudah di berikan kepadamu.
Kamu mungkin tidak tahu, Jonghyun-ah, kamu adalah seorang idola besar! Karya-karyamu akan selalu di ingat dan tidak pernah terhapus jejaknya. Semua usaha dan kerja kerasmu tidak akan terbuang sia-sia!
Hasil gambar untuk Jonghyun Shinee
Ini mungkin memang sudah pilihanmu. Aku tahu hidup di industri hiburan sangat berat. Depresi sudah menggerogotimu dan kamu mengaku sudah rusak di dalam. Kamu sudah lelah dan sudah sangat merasa tertekan. Sudah tidak lagi kuat untuk berpura-pura bahwa kamu baik-baik saja. Kamu sering mengeluh susah tidur, sekarang kamu bisa tidur dengan tenang dan nyenyak. Kamu tidak lagi perlu mendengar celotehan-celotehan buruk tentangmu karena itu tidak benar aslinya. Kamu sekarang bukan lagi bintang dunia, tapi bintang di langit. Kamu akan tetap bisa melihat penggemar-penggemar, sahabat, teman, dan member-member SHINee dari atas sana.

Sekali lagi, Jonghyun-ah. Kamu sudah bekerja keras!


21-12-2017
Lalisa Nathani

No comments:

Post a Comment