Sunday 10 June 2018

Meet The Creator [#randompeople]


Halo! Selamat hari Minggu!

Jadi ini adalah postingan pertama aku dari #RandomPeople 52 Weeks Blog Challenge.

Sebelumnya aku mau berterima kasih lagi sama Kak Savirasu karena postingannya sudah memberi aku sebuah pencerahan untuk nulis blog challenge #RandomPeople yang pertama ini ;"D Soalnya kemarin-kemarin aku sempet bingung mau nulis apa di "Meet The Creator" ini bikos semuanya bisa di lihat aja di page About.

Oiya, kalau kamu lagi kurang kerjaan atau mungkin memang minat, silahkan baca page About biar lebih nyambung kalau baca postingan ini ;"D

So, di sini aku juga mau bercerita tentang kepribadian aku secara lebih detail yang sudah sedikit di singgung di page About. Kenapa tentang kepribadian aja, cuk? Ya karena aku udah merasa menceritakan hal-hal yang lainnya di page About secara lengkap, lagian nanti bakal di bahas terus detail-detailnya sama topik yang ada di 52 Weeks Blog Challeng ini ;"D Yah kalau kamu merasa ada yang kurang atau penasaran aku itu kayak gimana, boleh kok nanya, komen aja, nanti aku jawab...

Di page About, aku udah menyebutkan sifat-sifat aku secara lengkap yang kebanyakan sifat jeleknya, yaitu :

  • Keras kepala
  • Positif Thinking
  • Percaya diri
  • Tukang pamer
  • Pekerja keras
  • Gampang marah
  • Kompetetif
  • Pendendam
  • Sombong
  • Egois
  • Pelit senyum
  • Suka nyinyir

Sip dah yang di sebut jelek-jelek semua sifatnya ;"D

Ya karena gimana ya. Mau dibilang baik juga aku sadar kalau aku nggak baik. Mau dibilang rendah hati juga aku kan emang nggak rendah hati;"v Ya intinya gitulah,,,, wgwgwgwg.

Menurut hasil tes yang aku jalani, kepribadian aku itu ENTP-A.

Harus banget di blod plus di capslock ya, Lis? Hm, biar keliatan:v

Mamaku kepribadiannya ENTP-T. Dan sampai sekarang aku masih nggak tau apa perbedaan antara ENTP-A sama ENTP-T kecuali beda huruf A sama T doang.

Hasil Tes Aku :

Pikiran : Ekstrovert 82%  -  Introvert 18%

Energi : Visioner 67%  -  Realistik 33%

Sifat : Rasional 60%  -  Emosional 40%

Taktik : Perencanaan 37%  -  Improvisasi 63%

Identitas : Tegas 53%  -  Waspada 47%

ENTP-A adalah kepribadian tipe "Pendebat". ENTP-A adalah kepribadian tipe "Provokator Ulung".

Aku akuin aku itu emang tipe orang yang suka berdebat dan suka jadi provokator. Nambah lagi dah sipat buruk guwa. Pantes deh orang-orang suka bilang kalau aku itu "boncel-boncel nyolotin.".

Kepribadian tipe Pendebat adalah “provokator” ulung, yang menumbuhkan proses menghancurkan argumen atau kepercayaan dan membiarkan akibatnya dilihat oleh semua orang. Tidak seperti kepribadian yang lebih nekat, Pendebat melakukan hal ini bukan karena mereka mencoba mencapai tujuan yang lebih jauh atau target strategi, tetapi karena untuk suatu alasan sederhana bahwa hal ini menyenangkan.


Hm, berdebat itu... Emang menyenangkan, kan? :v Oke, ini cuma buat aku doang kayaknya.


Tidak ada orang yang menyukai proses adu mental lebih dari Pendebat, karena itu memberi mereka kesempatan untuk melatih kecerdikan mereka yang cepat, dasar pengetahuan yang luas, dan kapasitas untuk menghubungkan ide berbeda guna membuktikan maksud mereka.


Aku simpulkan bahwa tipe "Pendepat" adalah seseorang yang jenius. Lah? Kok? Ya karena kamu nggak mungkin berdebat tanpa tahu apa-apa, kan? Kalau kamu nggak jenius ya nggak akan bisa berdebat. Mungkin bisa, tapi kalah argumen. Oke ini sipat jelek aku kambuh lagi.

Aku itu orangnya jujur banget. Iya jujur banget sampe kelewatan jujurnya;"D Aku tipe orang yang nggak akan mau berhenti berdebat tentang sesuatu hal yang belum aku percayai dan akan ngambil posisi orang lain buat memperdebatkan kebenaran melalui perspektif lain.

Aku orangnya nggak segan buat mempermalukan orang lewat perkataan dan mengkritik atasan maupun pasangan. Walaupun aku sebenernya peka banget sama sekitar, dan sama orang-orang juga, termasuk perasaan orang juga sebenernya aku peka, tapi aku itu orangnya terlalu jujur dan keras kepala, aku nggak mau pilih-pilih kata alias blak-blakan pake banget, aku nggak peduli walaupun orang-orang nganggap aku nggak punya belas kasihan atau nggak sensitif.

Fyi, aku emang peka orangnya, tapi bukan berarti aku orang yang sensitif. Aku emang nggak sensitif. Dan... Emang nggak punya belas kasihan sih kalau di pikir-pikir._.

Oke, sampai sini aja udah bikin aku kelihatan nambah jahat/

Alhamdulillahnya, tipe ENTP kayak aku ini langka, dengan populasi yang cuma ada 3% di dunia;"D Jadi nggak menyulitkan orang-orang dengan kepribadian ENTP yang terkesan jahat.

Artikel yang aku baca, katanya ENTP ini suka frustasi sendiri. Tipe "Pendebat" kayak aku ini suka merusak hubungan dan kadang suka nggak sengaja mengacak-acak batas orang lain karena perasaan mereka di sakiti. Ini bener gaiseu. Tapi perlu di garis bawahi, n.g.g.a.k.s.e.n.g.a.j.a ;))

Aku punya sedikit toleransi buat bersikap manja dan nggak suka kalau orang berbelit-belit, apalagi waktu minta bantuan. Katanya tipe kepribadian kayak aku ini sangat dihormati orang lain karena visi, keyakinan, pengetahuan dan rasa humor, kadang semua itu dijadikan sebagai dasar persahabatan dan hubungan romantis aku. Hmmm...

And, yang paling aku akui itu, tipe kepribadian seperti aku ini adalah kaum kriminal dan pelanggar hukum. Karena aku orang yang sangat berjiwa bebas, nggak suka terikat aturan dan sangat tidak disiplin :V
Aku emang suka termotivasi dan punya semangat yang besar. Tapi kalau udah menyangkut kayak, "Gue mau bikin jadwal buat hari ini biar lebih teratur.", maka itu artinya aku sudah membuat janji yang saat itu juga aku ingkari. Wkwkwk.

Aku lebih populer di lingkungan sekolah daripada di lingkungan rumah. Katanya, orang dengan tipe kepribadian seperti aku ini biasanya di pilih jadi pemimpin. Terbukti dengan bergabungnya aku dengan OSIS setelah melewati tes kepemimpinan yang udah kayak wajib militer itu ;"D dan terbukti juga aku nggak populer di lingkungan rumah karena tetanggaku ngiranya Mamaku cuma punya anak satu, adek aku doang, karena aku emang nggak pernah main keluar rumah apalagi main sama tetangga.

ENTP itu orang yang penuh ide, sehingga kemampuan dalam menangkap sesuatu ini bikin aku bisa lihat peluang dimana aja. Sayangnya, ENTP kurang tertarik untuk mengembangkan rencana dari ide yang sudah dimulai. Sehingga ENTP punya kebiasaan nggak menyelesaikan sesuatu yang sudah dimulai.

Meskipun aku lebih tertarik menyerap informasi daripada bikin keputusan, aku cukup rasional dan logis dalam membuat kesimpulan. Kepribadian seperti aku itu berpengetahuan dan selalu mencari pengertian lebih tinggi sehingga menjadi lebih tertarik pada konsep, tantangan dan kesulitan. Saat menghadapi masalah, aku bagus banget dalam improvisasi dan menghasilkan solusi kreatif dengan cepat.

Intinya, ENTP punya keterampilan komunikasi yang baik dan mampu berdebat tanpa merasa bersalah :"D kreatif, berbakat, multitalent, menolak dikendalikan orang lain, logis, pemikir rasional, bersemangat, menghargai pengetahuan dan kompetensi, mampu memahami konsep-konsep dan teori yang sulit sehingga senang memecahkan masalah, nggak suka di batasi jadwal dan nggak suka tugas-tugas terperinci.

Saran pekerjaan buat aku :
  • Pengacara
  • Psikolog
  • Pebisnis
  • Ilmuan
  • Fotografer
  • Insinyur / Arsitek
  • Konsultan
  • Aktor
  • Programmer
Yah walaupun begitu, sebenernya sekarang aja aku udah muak sama sesuatu yang berhubungan dengan angka, hapalan, dan pasal-pasal :"D

Orang-orang yang memiliki kepribadian sama kayak aku itu :
  • Presiden U.S : John Adams dan Theodore Roosevelt
  • Celine Dion
  • Tom Hanks
  • Walt Disney
  • Thomas Edison
  • Captain Jack Sparrow dari Pirates Of The Caribbean
  • Irene Adler dari Sherlock Holmes
  • The Joker dari Batman

ENTP itu...

Extraversion (E): ENTP senang memiliki banyak teman serta menghabiskan waktu dengan teman atau kerabat. 

Intuition (N): ENTP melihat gambaran besar dari suatu permasalahan dan kurang memperhatikan detail.

Thinking (T): ENTP cenderung bersikap obyektif saat memandang suatu permasalahan dan mengesampingkan perasaan.

Perceiving (P): ENTP membiarkan pilihan tetap terbuka dan tidak terikat dengan rencana ataupun struktur.

Yaaa, aku simpulin aja ENTP itu kayak psikopat yah?:v jenius tapi jahat. Apalagi aku mukanya judes, ditambah pelit senyum pula. Yaudah sih jiwa psikopat banget wgwgwg.


Sekian dari aku, kayaknya cukup sampai disini aku ngasih tau seberapa jahatnya aku ;"D
Dadahhh~~

19 comments

  1. Wkwk, lengkap pake banget ya. Udah tampang judes, suka debat/ngomong blak-blakan pula. :') Jadi inget Suga :)))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ya kak;"D kayaknya aku satu spesies deh sama Sugaa

      Delete
  2. Aku kebalikanmu, aku introvert hehe... Kepribadianku INFP-T

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah INFP ya XD sama tuh kayak kak Savirasu~~

      Delete
    2. Ne, sama kayak Ai dungs >///<

      Delete
    3. Eh kita samaan, bedanya aku A bukan T :)))) blogger keknya banyak juga yang INFP

      Delete
  3. Wiiii
    Tes kayak gitu dimana sih XD (Maafkan diriku yang kudet)

    ReplyDelete
  4. Beda, Lis. Aku ENFP-T. Kalo ENFP-A lebih cenderung ekstrovert, kalo ENFP-T punnya sisi introvert yang persetasenya hampir sama kayak sisi ekstovert-nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oooohh gituu... Emang sih persentase ekstrovert aku lebih besar dari introvert. Btw, makasih laycaa udah kasih tau XD

      Delete
    2. Waa, banyak yang (E/I)NFP nih teman-teman blogger 0v0)

      Delete
  5. kalo aku lain sendiri. INFJ-A :V . Tipe kepribadianku emang paling jarang di dunia X'D

    ReplyDelete