Tuesday 19 June 2018

Pendapatku Tentang Produce 48

Hasil gambar untuk produce 48

Halo! Selamat hari selasa! Di hari yang cerah ini (di daerahku cerah:v) aku mau bahas tentang Produce 48. Cuma mau kasih pendapat dan opiniku tentang acara ketiga Produce yang berbeda sama season-season sebelumnya ini. Jadi, aku masukin ke label review nggak apa-apa kali ya?;v

Sebenernya aku tuh males banget deh mau nonton Produce 48 ini. Kayak nggak tertarik gitu nontonnya dan bau-baunya tuh nggak bakalan seheboh Produce 101 season 2 kemarin (?)

Dulu kan rumornya Produce 101 season 3 tuh mau buat aktor/aktris gitu kan ya. Terus sekarang jadinya collab sama AKB48. Aduh, sebenernya ngedenger tentang Produce 101 season 3 aja udah nggak tertarik nonton sih.

Nih ya, pertama, yang bikin aku males banget nonton acara ini tuh karena collab sama Jepangnya itu loh, bro. Collab sama AKB48 nya.

Ini bukan maksud aku benci sama Jepang ya. Orang aku aja ngikutin AKB48 sama Babymetal dari tahun 2010;"D Awalnya suka AKB48 gara-gara di virusin sama saudaraku yang tinggal di Jepang. Terus jadi tau Babymetal. Terus jadi suka JKT48 juga mau nggak mau demi versi indo nya lagu AKB48;v Kenapa aku nggak cerita di kisah aku bisa jadi Kpopers? Ya karena itu kan kisah aku bisa jadi Kpopers bukan jadi Jpopers:v Dan lagi keluarga kakaknya Mamaku kan tinggalnya di Jepang. Jadi nggak ada kemungkinan aku benci Jepang, gais;"D nggak adaa...

Tapi karena sebelum suka sama lagu-lagu Jepang aku udah jadi Kpopers duluan, aku tuh tau banget perbedaan budaya Jepang dan Korea dalam industri hiburan. Dan karena udah tau perbedaan budaya itu makanya aku bisa suka sama grup idol Jepang. Kalau aku nggak tau, pasti kayak yang "Apansi ni grup idol Jepang, aneh banget, nggak kayak Korea."

Idol grup di Jepang itu narinya nggak kompak. Suwer deh nggak kompak.
Idol grup di Jepang itu skill nyanyi dan nari nya kurang.
Idol grup di Jepang lebih penting jadi manis dan menyenangkan penggemar. The best of the best fanservice ever.

Dan itu terbukti kan sama salah satu peserta Produce 48 dari Jepang yang bilang kalau jadi manis dan nyenengin penggemar itu lebih penting buat idol Jepang waktu di tanya sama pelatih dance Bae Yoon Jung.

Makanya aku udah males aja liat Produce 48 ini karena udah tau bakal kayak apa jadinya para idol Jepang bakal survive di program ini. Budaya di industri hiburan Jepang sama Korea itu beda. Kalo di suruh survive bareng-bareng gini ya jelas menang Korea lah.

Waktu itu aku pernah liat sesi wawancaranya Melody JKT48 di channel youtube nya Anji kalo nggak salah, di situ Melody bilang kalau idol grup mereka itu tetap debut walaupun nggak sepenuhnya siap, karena mereka itu juga mau penggemar tau kalau mereka itu tumbuh. Yang awalnya nggak bisa jadi bisa. Jadi like an idol is grow up with fans.

Beda sama Korea yang debut kalau udah bener-bener mateng skill nya. Makanya kadang trainee pun sampai bertahun-tahun.

Kedua, yang bikin aku males nonton Produce 48 ini tuh ya karena menyangkut dua negara itu.

Sekali lagi aku tegaskan di sini kalau aku nggak benci Jepang oke.

Maksud aku tuh ni, budaya industri hiburan Jepang sama Korea aja udah beda gitu. Dan para idol Jepang ini survive nya di Korea. Dengan budaya Korea. Otomatis penilaian para pelatih juga pakai standar Korea. Padahal skill idol Jepang sama Korea beda. Ya kan pasti orang-orang diluar sana yang nonton Produce 48 tanpa menyadari perbedaan budaya ini bakal ngira Produce 48 ini pilih-pilih kasih. Karena kebanyakan kelas A sama B itu idol Korea semua dan idol Jepang masuk kelas D sama F, paling tinggi ya kelas C.

Gitu. Ngerti nggak?

Aku suka Jepang karena standar mereka sendiri. Dan suka Korea juga karena standar mereka sendiri. Kalau aku cuma suka sama sesuatu karena satu standar doang, aku pasti cuma suka yang itu-itu aja, nggak ada varian.

Dan di Produce 48 ini para idol Jepang di suruh survive pakai standar Korea. Ya jelas mereka culture shock lah.

Ketiga, yang bikin aku males nonton Produce 48, pasti nanti bakal banyak banget pro dan kontra antara dua negara selama program ini tayang. Ya karena itu tadi, orang-orang pasti ngiranya Produce 48 pilih kasih sama idol Jepang dan idol Korea.

Ya emang sih ya kalau di Korea tuh jelas skill para idol Jepang itu masih kurang, kurang banget malah, tapi kan kalau pakai standar Jepang ya para idol Jepang itu udah di atas rata-rata banget. Sekali lagi, kembali ke prinsip per-idol-an negara masing-masing.

Sebenernya ini sama aja kayak kalau misalnya idol Jepang sama idol Indo survive bareng, pasti njomplang, pasti menang Jepang.

Karena prinsip dan budaya nya beda.

Ughhh... Gregetan banget napa w sama program ini.

Tapi aku akuin Produce 48 ini tetap menarik untuk di ikuti.

So yeah, mari kita see aja ;"D

12 comments

  1. Uwe berpendapat kalo Produce 48 sih boleh-boleh aja, asalkan Wanna One jangan dibubarin >_< gak sanggup buat liat Wanna One bubar huweee...
    Sebelum KPOP-ers aku suka Idol Jepang, Aikatsu :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku mah ngikut aja sih. Wanna One nggak bubar ya alhamdulillah tetep beli album sama nonton konsernya. Kalau bubar ya tetep support kegiatan mereka di masing-masing agensi. Toh mereka bubar nggak bubar kan karena terikat kontrak. Kontrak kalau di langgar bisa jalurnya hukum kan;) Lagian aku rasa kalau beli album sama nonton konsernya aja nggak pernah, kayaknya nggak punya hak deh buat ngotot minta Wanna One nggak bubar, karena ya nggak bakal bikin agensinya nambah kaya. Yang berhak ngotot itu yang Wannable sejati gitu yang selalu beli album sama nonton konsernya, karena mereka alasan Wanna One ada, alasan agensinya bisa kaya. Haha

      Delete
  2. Same, dulu Ai juga suka Jepang, kok. :v Suka SCANDAL sama AKB48 sampe HKT48 dan JKT48 :v Btw, Ai belum ngikutine Produce 48 :'v

    ReplyDelete
    Replies
    1. mayan sih kak Produce 48 skill nya pada lebih bagus-bagus dari season 1 ;"D

      Delete
  3. Aku ga minat entah kenapa, padahal udah follow and add official account nya buat ngikutin tapi ga kesampean melulu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ho'oh ga minat sebenernya;"D tapi w kalo ga nonton takut ketinggalan berita XD

      Delete
  4. Ku juga ga mihak siapa-siapa sih tapi emang bener kalo kebanyakan idol jepang itu cenderung ke penggemarnya. Aku nonton sebentar aja udah gregetan:v
    Kalo trainee korea kan lama dan mungkin udah keasah apalagi sampe tahunan :v
    Tapi ku ga tau kenapa ga terlalu suka kayak AKB48, BabyMetal, OneOkRock gitu cuma suka lagunya aja:V Atau gak ya nyanyinya sendiri gitu atau gak duo daripada rame rame gitu:V

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak bener ;"D Makanya kayak nggak adil gitu kalo di suruh survive bareng.

      Aku juga suka lagunya doang kak;v nggak tau orang-orangnya XD kayak AKB48, E-Girls, gitu pusing liatnya:v kebanyakan anggota XD

      Delete
    2. Iya nih agak ga adil .
      Sama kalo kebanyakan malah pusing:v boro boro nama wajah aja ga inget:b
      Kalo 1 atau 2 atau 3 kan masih bisa dibedakan:V

      Delete